Budayakan Membaca Sejak Dini

Trik Meredam Emosi Ketika Ingin Berteriak Marah pada Anak


Suatu hari tentu anda pernah ingin marah dan berteriak pada anak. Padahal, nggak semuanya perlu dikatakan sambil berteriak. Cari cara meredam emosi yuk, Bu.

Dengarkan

Anak pasti punya alasan mengapa mereka berbuat sesuatu yang membuatmu sampai berteriak. Dari pada keburu kesal, coba dengarkan dulu penjelasan mereka. Sambil si kecil menjelaskan, beri dirimu waktu untuk menenangkan diri. Dengan begitu, keinginanmu untuk langsung berteriak marah jadi berkurang.

Jangan Terlalu Berharap

Anda ingin anak anda yang baru berusia tiga tahun selalu membereskan mainannya setelah selesai bermain? Itu namanya anda terlalu banyak berharap dan itulah yang membuatmu jadi mudah marah sambil berteriak. Terimalah kenyataan bahwa si kecil memang belum bisa melakukan semuanya sendirian dan masih membutuhkan bantuanmu.

Buat Jadi Mudah

Dari pada berteriak, lebih baik ajarkan dan contohkan apa yang anda ingin anak anda lakukan. Kalau anda ingin mereka membereskan mainannya, “paksa” mereka dan ajarkan bagaimana caranya. Lakukan terus sampai anak anda terbiasa untuk melakukannya.

Tarik Napas Sebentar

Pernah dengar istilah ‘Tarik napas dalam-dalam kalau sedang marah’? Ternyata kegiatan simpel ini ampuh, lho, untuk menenangkan dirimu yang sedang marah dan ingin berteriak. Agar lebih tenang, tutup matamu dan tarik napas dalam-dalam beberapa kali sampai kamu merasa keinginan untuk marah jauh berkurang.

Lebih Sering Komunikasi

Bagaimana si kecil tahu dia nggak boleh melakukan sesuatu yang bisa membuatmu marah kalau sebelumnya anda nggak memberitahu dia? Itulah mengapa komunikasi antara anak dan orangtua sangat penting. Beritahukan pada anak apa yang boleh dan sebaiknya jangan mereka lakukan.

Jangan Ambil Hati

Sikap anak-anak pada orangtuanya memang kadang sangat menyebalkan dan membuatmu ingin berteriak. Tunggu dulu, Bu. Namanya juga anak-anak, mereka belum belajar bagaimana bersikap sopan pada orangtua. Nggak perlu diambil hati sikap si kecil yang menyebalkan dan justru kamu harus mengajarinya cara bersopan santun pada orang lain.

Pintar Pilah-Pilih

Ada saatnya anda memang harus meninggikan nada suara anda , tapi bukan berarti jadi setiap saat dong. Pilihlah sikap anak anda yang memang perlu diatasi dengan memberitahukannya sambil berteriak. Ini bisa jadi shock therapy untuknya. Tapi ingat, jangan lakukan setiap saat ya.

Minta Bantuan

Kadang, anda jadi mudah marah karena sudah merasa terlalu lelah. Nah, jika sudah seperti ini, nggak ada salahnya anda mulai meminta bantuan orang lain. Bisa dengan mempertimbangkan untuk menyewa jasa asisten rumah tangga atau meminta bantuan anggota keluarga. Saat bebanmu sedikit berkurang, pasti anda jadi lebih sabar menghadapi si kecil.

Sumber: Family.fimela.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamat

Alamat kantor:
PT.MDS Jl.Hos Cokroaminoto Tegalrejo TR III No. 435 A YOGYAKARTA

Alamat Rumah:
Grogol RT.02/RW.04 no. 482, Bakalan Krapyak ,Kudus,JATENG ,59332


HP/WA : 085640972390
BB : 759CAE65

litaalifah@yahoo.com

Facebook




Tentang Saya


Saya adalah Book Advisor Mizan Dian Semesta


Tugas saya adalah menyebarkan info buku-buku untuk anak-anak. di samping anaknya gemar membaca, tapi juga belajar tentang agama sejak dini.


Produk yang saya infokan seperti buku Halo Balita, Nabiku Idolaku, Ensiklopedi Bocah Muslim, I Love My Alquran dan Buku Busa, semua produk bernuansa islami.


Selain menjual buku, saya juga mengajak ibu/bapak yang ingin bergabung menjadi Book Advisor Mizan Dian Semesta seperti saya. Bisa menjadi peluang usaha keluarga