Budayakan Membaca Sejak Dini

Makanan Pertama untuk Bayi Agar Sehat dan Cerdas


Bayi usia 6 bulan sudah saatnya di kenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) agar tidak kaget nantinya saat menerima makanan selain ASI. Untuk mengenalkan makanan pendamping, sebaiknya dengan makanan yang sehat seperti buah dan ikan, untuk merangsang kecerdasan otak juga.
Ini adalah makanan pertama pendamping ASI  yang harus diberikan kepada bayi agar tumbuh sehat dan cerdas.
  • Wortel
Wortel kukus atau pure wortel bisa ibu berikan untuk bayi sebagai makanan padat pertamanya. Wortel mengandung vitamin A dan C, serta beta karoten yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Ibu bisa menjadikan wortel sebagai camilan bayi dengan cara memotong wortel sepanjang ruas jari dan kukus mudah dikunyah bayi. Tapi sebaiknya ibu tidak memberikan wortel setiap hari karena kandungan beta karoten yang berlebih dalam tubuh tidak bisa diserap dan membuat kulit bayi terlihat kuning atau orange.

  • Tofu
Tekstur tofu yang sangat lembut akan mudah dicerna oleh bayi. Tofu terbuat dari kedelai yang kaya akan kandungan protein nabati. Mengonsumi tofu 100 gram, bisa mencukupi kebutuhan protein sehari sebesar 32%. Jangan khawatir memberikan tofu sebagai menu makan bayi sehari-hari karena tofu mudah dicerna tubuh bayi.

  • Keju
Keju sangat cocok sebagai makanan bayi karena dalam masa tumbuh kembangnya bayi membutuhkan lemak, vitamin, protein, mineral, kalsium, fosfor dan natrium. Dengan mengonsumsi keju kebutuhan nutrisi tersebut bisa terpenuhi. Keju juga dapat melindungi tulang karena kandungan kalsium dan mineral. Berikan keju parut sebagai tambahan makanan bayi atau ibu juga bisa memberikan keju yang dipotong kecil berbentuk dadu sebagai finger food.

  • Salmon
Jadikan ikan laut sebagai makanan bayi, karena salmon mengandung asam lemak Omega 3 yang membantu proses penyempurnaan pembentuk otak, mata dan syaraf tubuh. Menurut Susan Brewer, ahli gizi dari Universitas IIIinois, kebanyakan ibu seringnya memberikan air kaldu, ayam dan daging untuk menu makanan bayi. Padahal dengan lebih banyak mengonsumsi ikan laut, seperti salmon bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak.

  • Pisang
Pisang mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat dan kolin. Pisang dengan tekstur yang lebih dan mudah dicerna ini juga mengandung mineral (kalsium, kalium, magnesium dan fosfor). Kebanyakan ibu memilih buah pisang untuk makanan padat pertama bayi karena kandungan nutrisinya dan pisang juga mudah dicerna oleh percernaan bayi. Selain itu pisang juga kaya akan kalium yang baik untuk perkembangan tulang bayi.

  • Alpukat
Alpukat mengandung kalori yang tinggi, mudah dicerna dan tidak menyebabkan sembelit. Alpukat juga tidak menyebabkan alergi pada anak. Kandungan lemak yang tinggi dan tidak mengandung kolesterol. Alpukat mengandung 11 vitamin dan 14 mineral, seperti, vitamin (A, B2, B6, C, E) dan mineral (kalium, zat besi, sodium, asam folat). Caranya lumatkan alpukat hingga menjadi bubur untuk dikonsumsi bayi.

  • Kacang Hijau
Kacang hijau mengandung protein nabati yang tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi. Kandungan vitamin B kompleks, zat besi dan magnesium yang membantu meningkatkan fungsi otak, kesehatan sistem saraf dan daya ingat. Untuk bayi usia 6-9 bulan, ibu bisa memberikan bubur kacang hijau sebagai salah satu menu sarapan pagi.

  • Ceker Ayam
Untuk makanan pertamanya, ibu bisa memberikan kaldu dari ceker ayam. Karena dalam kaki ayam terdapat kulit, otot, tulang dan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein jaringat ikat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kaki ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral. Dengan begitu memang masuk akal juga kalau orang tua kita tetap bertahan untuk menyuguhkan kaki ayam bagi anak-anaknya. Sebab, jenis asam amino prolin dan hidroksiprolin serta zat kapur jelas-jelas dibutuhkan dalam pertumbuhan anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamat

Alamat kantor:
PT.MDS Jl.Hos Cokroaminoto Tegalrejo TR III No. 435 A YOGYAKARTA

Alamat Rumah:
Grogol RT.02/RW.04 no. 482, Bakalan Krapyak ,Kudus,JATENG ,59332


HP/WA : 085640972390
BB : 759CAE65

litaalifah@yahoo.com

Facebook




Tentang Saya


Saya adalah Book Advisor Mizan Dian Semesta


Tugas saya adalah menyebarkan info buku-buku untuk anak-anak. di samping anaknya gemar membaca, tapi juga belajar tentang agama sejak dini.


Produk yang saya infokan seperti buku Halo Balita, Nabiku Idolaku, Ensiklopedi Bocah Muslim, I Love My Alquran dan Buku Busa, semua produk bernuansa islami.


Selain menjual buku, saya juga mengajak ibu/bapak yang ingin bergabung menjadi Book Advisor Mizan Dian Semesta seperti saya. Bisa menjadi peluang usaha keluarga