Budayakan Membaca Sejak Dini

Ini Cara Membuat Rumah Lebih Aman Bagi Si Kecil


Saat si kecil mulai belajar merangkak, berdiri, kamu wajib beri perhatian ekstra. Mari bikin rumahmu lebih aman untuk anak!

Mengunci Laci: Anak yang sudah bisa merangkak dan mulai belajar berdiri gemar menggapai semua barang sebagai pegangan mereka. Salah satunya adalah laci lemari atau kabinet di rumah. Demi keselamatan si kecil agar tak tertimpa laci nantinya, jangan lupa mengunci semua laci yang ada di rumah.

Memasang Kunci : Ada beberapa lemari kecil yang tidak dilengkapi dengan kunci. Misalnya lemari kecil tempat pajangan di ruang tengah. Walau tak dilengkapi dengan kunci, kamu masih bisa mengakalinya Moms. Gunakan kunci tambahan yang dijual di toko peralatan rumah tangga seperti pada gambar. Dengan begitu ketika tangan iseng buah hatimu mencoba membuka lemari, kemari tak akan terbuka dan si kecil tetap aman

Laci Rendah : Ada beberapa anak-anak yang gemar bermain di dapur untuk bermain dengan peralatan masak. Bagi anak-anak semakin banyak barang di sekelilingnya tentu akan semakin banyak objek untuk bermain. Jalan keluar agar si kecil tetap aman dan tidak menjelajah keliling dapur adalah dengan mengumpulkan mainannya di laci terendah. Isi laci dengan barang-barang favoritnyam seperti mainan cangkir, piring, sendok, dan perkakas masak mainan lainnya.

Pembungkus Stop Kontak : Stop kontak adalah salah satu bagian di rumah yang tak boleh teresentuh si kecil. Cara mengamankan stop kontak dari jangkauan anakmu bisa dengan mengatur tata letak ruangan. Sembunyikan letak stop kontak di balik sofa, tempat tidur, atau bisa juga lemari. Namun ada cara lain untuk mengamankannya, yaitu dengan membungkus stop kontak dengan kotak plug khusus. Jadi walaupun si kecil menyentuh stop kontak, ia tetap aman karena hanya bisa menyentuh pembungkusnya saja.

Friendly Furniture : Memilih perabotan jangan lupa mempertimbangkan kualitas barang demi keselamatan si kecil. Misalnya dalam memilih kursi makan. Yang aman adalah pilih kursi yang kokoh dan tak mudah jatuh. Sehingga bila buah hatimu berpegangan pada kursi tersebut tak mudah goyang dan jatuh menimpa anakmu. Hindarilah memilih perabot rumah tangga hanya melihat modelnya saja Moms. Bila kamu memiliki anak kecil, lebih baik pertimbangkan faktor keamanan dari perabot rumah tersebut.

Sembunyikan Pecah Belah : Praaang! Ya, itu bunyi yang sungguh mengagetkan dan bikin dirimu was-was kan? Nah, sebelum suara barang pecah terdengar di rumahmu, ada baiknya segera amankan barang-barang tersebut dari jangkauan si kecil. Yuk, segera jauhkan guci, vas bunga, dan pajangan dari kaca dari jangkauan anakmu. Atau lebih baik, demi keamanan jiwa anakmu, simpan saja dulu di gudang, hingga ia beranjak besar.

Amankan dari Jangkauan Tangan Si Kecil : Pada dasarnya, apapun yang ada di jangkauan si kecil perlu diberikan pengawasan ekstra. Perhatikan seberapa jauh jangkauan tangan si kecil dan barang apa saja yang aman terjangkau olehnya. Bila kamu meletakkan keranjang penuh barang seperti dvd, cd, gulungan pita, tumpukan kain, atau barang lain yang bukan barang pecah belah atau tajam, kamu tak perlu khawatir lagi kalau si kecil menggapainya.

Amankan Sudut Tajam : Sudut siku yang ada pada meja, laci, kursi, dan lainnya bisa mencedarai si kecil lho. Untuk mengamankan sudut siku ini kamu bisa membungkusnya dengan busa empuk atau kain tebal yang direkatkan pada tiap sudut meja atau kursi. Dengan begitu nggak perlu takut si kecil lebam karena menabrak sudut lemari dan meja.

Pagari Tiap Pintu : Memagari semua pintu juga penting kamu lakukan untuk menjaga bayimu. Selain memagari semua pintu, jangan lupa juga memagari tangga agar anakmu tidak mulai merangkak ke lantai atas. Awalnya memang terlihat berlebihan, tapi percayalah bila hal ini kamu lakukan, kamu akan merasa lebih tenang ketika si kecil mulai berkeliling rumah. Si kecil akan tetap “terkurung” di dalam rumah tanpa harus takut kalau tiba-tiba ia lari keluar rumah.

Sumber: http://bit.ly/14bsk6i

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamat

Alamat kantor:
PT.MDS Jl.Hos Cokroaminoto Tegalrejo TR III No. 435 A YOGYAKARTA

Alamat Rumah:
Grogol RT.02/RW.04 no. 482, Bakalan Krapyak ,Kudus,JATENG ,59332


HP/WA : 085640972390
BB : 759CAE65

litaalifah@yahoo.com

Facebook




Tentang Saya


Saya adalah Book Advisor Mizan Dian Semesta


Tugas saya adalah menyebarkan info buku-buku untuk anak-anak. di samping anaknya gemar membaca, tapi juga belajar tentang agama sejak dini.


Produk yang saya infokan seperti buku Halo Balita, Nabiku Idolaku, Ensiklopedi Bocah Muslim, I Love My Alquran dan Buku Busa, semua produk bernuansa islami.


Selain menjual buku, saya juga mengajak ibu/bapak yang ingin bergabung menjadi Book Advisor Mizan Dian Semesta seperti saya. Bisa menjadi peluang usaha keluarga