Budayakan Membaca Sejak Dini

Membuat Si Kecil Kembali Semangat Ke Sekolah



Minggu pertama sekolah sedang berjalan. Tapi mengapa si kecil masih malas-malasan setiap kali bangun pagi ke sekolah? Ini cara membuat si kecil kembali semangat ke sekolah.


“Gak usah sekolah aja deh!”,

“Mama... aku gak mau sekolah ah!”

“Aku masih mau liburan!”

“Maunya di rumah aja, Ma”


Mendengar celotehan-celotehan tersebut ke luar dari mulut si kecil ketika masa liburan sekolah habis, pasti membuat Bunda ketar-ketir dan bingung mengatasi dan membujuk si buah hati agar semangat kembali ke sekolah. Bunda pun jadi khawatir bila si kecil jadi malas sekolah. Nah, jangan takut, Moms! FimelaFamily punya cara untuk menghapus semua kekhawatiranmu. Yuk, simak!


1. Belikan Peralatan Sekolah Baru

Segala sesuatu yang berbau “baru” pasti menimbulkan rasa penasaran dan meningkatkan antusiasme. Nah, Bunda bisa membuat si kecil happy dengan membelikan peralatan sekolah baru. Coba belikan  peralatan sekolah seperti tas, tempat pensil, buku, pensil warna, dan lainnya. Bunda juga bisa lho, membelikan tempat bekal yang baru untuknya.  Tanyakan padanya warna atau gambar tokoh kartun yang disukainya.  Toys Story? Up? Atau yang sedang heboh sekarang, Minions? Pilihlah alat-alat dengan warna yang atraktif dan bentuk yang menarik sehingga si kecil semangat memakainya. Bilanglah padanya bahwa ia harus berjanji untuk selalu memakai barang pemberianmu tiap kali ke sekolah. Dengan begini, anakmu pasti tidak sabar untuk kembali ke sekolah dan memamerkan peralatan sekolah baru yang dimilikinya ke teman-teman di sekolah.


2. Ceritakan Serunya Bersekolah

Agar si kecil kembali antusias menghadapi hari-hari sekolahnya, Bunda dapat mengembalikan memorinya dengan menceritakan bagaimana serunya nanti ketika ia masuk sekolah lagi. Tanyakan padanya siapa teman yang paling ingin ditemui, siapa guru yang paling dikangeni? Bunda juga dapat menanyakan padanya, jika ia sudah masuk sekolah, mau bermain apa dengan teman-teman? Gunakan kemampuan persuasimu untuk mengajak si kecil ikut antusias menyambut sekolah esok hari.


3. Persiapkan Dirinya di Malam Hari

Nah, Bunda bisa menceritakan keseruan bersekolah tersebut pada malam hari sebelum hari sekolah. Sambil bercerita, kamu juga dapat mengajak si kecil mempersiapkan seragam dan alat-alat sekolah yang baru saja Bunda belikan itu! Ketika mempersiapkan kebutuhan sekolahnya, jangan lupa untuk terus memberikannya semangat dan motivasi untuk bersekolah besok.


4. Beri Tantangan dan Reward

Biar tambah semangat, Bunda bisa memberikan “tantangan” bagi si kecil. Misalnya, kamu bisa minta si kecil untuk mencari teman baru yang lebih senior, misalnya anak kelas lima atau enam SD. Tantang dia untuk menemukan 3 kakak kelas dan harus ada bukti si kecil berfoto dengan teman barunya tersebut. Atau, Bunda dapat memberi tantangan yang lebih besar seperti masuk ranking 5 besar di semester ini. Jika si anak berhasil menyelesaikan tantangan tersebut, jangan lupa beri sebuah hadiah, misalnya buku cerita favorit si kecil, atau ajak dia bermain ke Kidzania atau Dufan. Menyenangkan, bukan?


5. Berikan Sarapan yang Sehat

Jangan remehkan kekuatan sarapan! Dengan sarapan yang sehat dan bergizi, ini akan memengaruhi tubuh si anak sepanjang hari. Selain itu, sarapan  juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak ketika belajar di sekolah dan membuatnya lebih enerjik. Jadi, siapkanlah sarapan sehat baginya  ya, seperti nasi, sayur, ayam goreng, buah-buahan, dan tak lupa susu vanilla kesukaannya!


sumber:FimelaFamily

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamat

Alamat kantor:
PT.MDS Jl.Hos Cokroaminoto Tegalrejo TR III No. 435 A YOGYAKARTA

Alamat Rumah:
Grogol RT.02/RW.04 no. 482, Bakalan Krapyak ,Kudus,JATENG ,59332


HP/WA : 085640972390
BB : 759CAE65

litaalifah@yahoo.com

Facebook




Tentang Saya


Saya adalah Book Advisor Mizan Dian Semesta


Tugas saya adalah menyebarkan info buku-buku untuk anak-anak. di samping anaknya gemar membaca, tapi juga belajar tentang agama sejak dini.


Produk yang saya infokan seperti buku Halo Balita, Nabiku Idolaku, Ensiklopedi Bocah Muslim, I Love My Alquran dan Buku Busa, semua produk bernuansa islami.


Selain menjual buku, saya juga mengajak ibu/bapak yang ingin bergabung menjadi Book Advisor Mizan Dian Semesta seperti saya. Bisa menjadi peluang usaha keluarga