Budayakan Membaca Sejak Dini

Ayah Wajib Meniru 7 Sifat Ibu Dalam Mendidik Anak. Apa Sajakah?


Pria dan wanita memang berbeda karakter. Tapi nggak ada salahnya kok kalau para ayah meniru 6 sifat ibu dalam mendidik anak.


Meredam Emosi

Kebanyakan para ayah jika melihat anak melakukan hal yang salah, cenderung menanggapi dengan emosi. Berbeda dengan cara para ibu ketika menemukan anak dengan kenakalannya. Ibu tidak akan langsung marah dengan menghukum anak. Tetapi biasanya ibu akan memberikan kesempatan pada anak untuk memperbaiki kesalahan.

Salah satu cara yang bisa ayah tiru dari ibu adalah dengan mengajak anak ngobrol dari hati ke hati dan meminta agar anak tidak lagi mengulang kesalahannya. Jangan lupa beri pujian kepada anak Anda jika ia mengakui kesalahan dan mengubah perilakunya menjadi baik.

Menulis Rencana Kegiatan

Umumnya para ibu suka menulis secara detail agenda kegiatan yang akan dilakukan. Mulai dari mempersiapkan sarapan, mengantar anak ke sekolah hingga waktu belajar anak, semuanya disusun berdasarkan waktu yang konsisten. Hal ini dilakukan para ibu untuk melatih kedisplinan anak. Nah, untuk para ayah, kebiasaan positif dari para ibu yang gemar merencanakan kegiatan dengan menulis detail bisa ditiru lho. Dengan cara ini para ayah secara tidak langsung telah mengajarkan anak untuk disiplin dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Selain itu, untuk ayah dengan membuat rencana kegiatan ayah juga belajar untuk bisa menjadi manager bagi dirinya sendiri dan lebih produktif.

Lebih Sering Berkomunikasi

Para ayah kerap dicap sebagai sosok yang cuek karena tidak banyak bicara. Untuk ayah cobalah lebih aktif mengajak istri dan anaknya ngobrol, diskusi, seperti yang kerap dilakukan para ibu. Karena dengan berkomunikasi intim, ayah bisa memperkuat hubungan dengan keluarga. Memang, kerap kali para ibu dianggap terlalu cerewet tetapi dengan lebih aktif berbicara dan juga mau menjadi pendengar yang baik, anak-anak ternyata lebih nyaman berdiskusi dengan ibu, kan? Saran untuk para ayah, jangan sungkan untuk lebih dulu bercerita kepada anak. Dengan komunikasi yang baik, maka ayah akan memiliki waktu bersama anak yang lebih berkualitas.

Dekat Dengan Keluarga

Apakah kamu tipe ayah yang tidak punya waktu jika diajak istri untuk berkumpul bersama keluarga besar? Kalau iya, sebaiknya ayah berlatih untuk memiliki waktu khusus berkumpul bersama keluarga besar. Seperti yang dilakukan para istri yang bisa memberikan prioritas waktu untuk sanak keluarga. Jadi jangan menolak jika istri mengajak ayah ikut berkumpul bersama keluarga di hari istimewa. Selain memperkuat ikatan keluarga acara kumpul bersama keluarga bisa menjadi momen untuk ayah melepas stres dan memperluas wawasan, lho!

Percaya Intuisi

Seringkali para istri memiliki intuisi yang lebih kuat dari suami. Hal ini karena wanita dianggap lebih peka daripada pria. Nah, kalau para istri memberikan nasehat atau masukan terhadap karir ayah, jangan dianggap remeh ya. Sebagai pasangan, tentu istri memiliki insting yang kuat terhadap suaminya. Jadi untuk para ayah, mulaillah mendengarkan nasehat para istri ya!

Saling Percaya

Berusaha untuk lebih banyak berpikir positif dan saling percaya. Kira-kira begitulah sifat para istri dalam menjalani hubungan. Kalau selama ini ayah kerap berpikir negatif terhadap orang lain, belajar dari para istri untuk bisa memberikan kepercayaan kepada orang lain. Dengan berpikir positif dan saling percaya ayah akan tampak lebih muda lho!

Sumber: family.fimela.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamat

Alamat kantor:
PT.MDS Jl.Hos Cokroaminoto Tegalrejo TR III No. 435 A YOGYAKARTA

Alamat Rumah:
Grogol RT.02/RW.04 no. 482, Bakalan Krapyak ,Kudus,JATENG ,59332


HP/WA : 085640972390
BB : 759CAE65

litaalifah@yahoo.com

Facebook




Tentang Saya


Saya adalah Book Advisor Mizan Dian Semesta


Tugas saya adalah menyebarkan info buku-buku untuk anak-anak. di samping anaknya gemar membaca, tapi juga belajar tentang agama sejak dini.


Produk yang saya infokan seperti buku Halo Balita, Nabiku Idolaku, Ensiklopedi Bocah Muslim, I Love My Alquran dan Buku Busa, semua produk bernuansa islami.


Selain menjual buku, saya juga mengajak ibu/bapak yang ingin bergabung menjadi Book Advisor Mizan Dian Semesta seperti saya. Bisa menjadi peluang usaha keluarga