Budayakan Membaca Sejak Dini

Allah Tidak Membebani Melebihi Kemampuan Makhluk-Nya


Yakinlah bahwa Allahtidak akan membebani kita cobaan di luar kemampuan kita. Segala macam cobaaninsya Allah bisa kita atasi selama kita dekat dengan Allah SWT.

Sesuai dengan firmanAllah dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 285-286:

آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَإِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِوَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُواسَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ (285) لَايُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَااكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَاوَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْقَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّاوَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِالْكَافِرِينَ (286)


Rasul telah berimankepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pulaorang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya,kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidakmembeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) darirasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kamitaat." (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepadaEngkaulah tempat kembali."
Allah tidak membebaniseseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (darikebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yangdikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukumkami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkaubebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepadaorang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apayang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; danrahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaumyang kafir."

Dalam Tafsir ILMASurah Al-Baqarah, kandungan ayat 285-286, disebutkan:

Teman-teman, ternyatadengan membaca Surah Al-Baqarah, kita jadi banyak tahu tentang petunjuk Allah,ya! Dari masalah shalat, zakat, hingga utang-piutang. Semua petunjuk itu bukanuntuk membebani kita, loh! Tapi, supaya kita bisa menjalani hidup dengan mudah,mampu mengatasi kesulitan, dan mencegah kesulitan besar terjadi. Di akhir SurahAl-Baqarah, ada doa agar kita tidak diberi beban yang berat.
“Wahai Pemeliharakami, jangan hukum kami jika kami lupa atau tidak sengaja berbuat salah! WahaiPemelihara kami, jangan pikulkan kepada kami beban sebagaimana telahKau-pikulkan kepada orang-orang sebelum kami! Wahai Pemelihara kami, janganpikulkan beban yang tidak sanggup kami pikul ....”

(Sumber: Tafsir ILove My Al-Quran (ILMA) jilid 2 halaman 49)


0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamat

Alamat kantor:
PT.MDS Jl.Hos Cokroaminoto Tegalrejo TR III No. 435 A YOGYAKARTA

Alamat Rumah:
Grogol RT.02/RW.04 no. 482, Bakalan Krapyak ,Kudus,JATENG ,59332


HP/WA : 085640972390
BB : 759CAE65

litaalifah@yahoo.com

Facebook




Tentang Saya


Saya adalah Book Advisor Mizan Dian Semesta


Tugas saya adalah menyebarkan info buku-buku untuk anak-anak. di samping anaknya gemar membaca, tapi juga belajar tentang agama sejak dini.


Produk yang saya infokan seperti buku Halo Balita, Nabiku Idolaku, Ensiklopedi Bocah Muslim, I Love My Alquran dan Buku Busa, semua produk bernuansa islami.


Selain menjual buku, saya juga mengajak ibu/bapak yang ingin bergabung menjadi Book Advisor Mizan Dian Semesta seperti saya. Bisa menjadi peluang usaha keluarga