Budayakan Membaca Sejak Dini

5 Hal yang Orangtua Perlu Ingat Saat Terlalu Sering Belikan Anak Hadiah


Orangtua mana yang tidak ingin anaknya bahagia. Hal itu kerap menjadi pedoman bagi sebagian orangtua yang memanjakan anaknya dengan sering memberikan hadiah pada buah hati mereka.

Kebiasaan membelikan hadiah ini, jika sudah terlalu sering bisa berdampak buruk untukAnda sekaligus anak itu sendiri. Berikut lima alasan mengapa Anda tidak boleh terlalu sering memberikan hadiah untuk si kecil, seperti dikutip She Knows:

1. Ekonomi
Masalah ekonomi merupakan masalah yang paling mendasar dari semua alasan mengapa Anda sebaiknya tidak membelikan si kecil terlalu banyak hadiah. Jangan sampai hanya karena ingin melihat si kecil bahagia, Anda memberikan hadiah yang tidak bisa Anda bayar. Kebahagiaan tidak harus berarti hadiah yang banyak.

2. Arti dibalik hari spesial
Hari spesial seperti ulang tahun tidak selalu berarti tentang hadiah,mainan atau konsumerisme. Ingat kembali makna dibalik hari ulang tahun yang mengenai pencapaian, kedewasaan, cita-cita dan hal lain. Oleh karena itu, lebih baik ajarkan kembali si kecil makna di balik hari-hari spesial tersebut dan kurangi memberikan hadiah terlalu banyak untuknya.

3. Anak menjadi manja
Tidak ada satupun orang tua menginginkan anaknya memiliki sifat manja. Sayangnya,memberikan terlalu banyak hadiah bisa membuat si kecil menjadi manja dan mau melakukan sesuatu dengan pamrih.

4. Kasih sayang orang tua bukan berarti hadiah
Memberikan hadiah untuk si kecil tentu saja akan membuatnya senang, dan kebahagiannya tersebutlah yang selalu ingin Anda liat tiap harinya. Namun, cinta orangtua bukan berarti banyaknya hadiah yang diberikan kepada si kecil. Tunjukan kasih sayang Anda dengan memberikan hadiah seperti pujian, pelukan, ciuman atau memberikan hari khusus untuk si kecil agar bisa bermain dengan Anda yang biasanya sibuk.

5. Ajarkan si kecil untuk memberi
Sepertiyang dikatakan pepatah, 'memberi lebih baik daripada menerima'. Alangkah baiknya bila Anda mengajarkan si kecil agar selalu memberi ketimbang selalu menerima hadiah. Ketika ada bencana alam di suatu daerah bisa dijadikan alasan tepat untuk mengajarkan si kecil memberikan sebagian mainannya kepada anak-anak lain yang membutuhkan. Beri pengertian kepada anak kenapa dia sebaiknya menyumbangkan mainan-mainannya.

Sumber: www.wolipop.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamat

Alamat kantor:
PT.MDS Jl.Hos Cokroaminoto Tegalrejo TR III No. 435 A YOGYAKARTA

Alamat Rumah:
Grogol RT.02/RW.04 no. 482, Bakalan Krapyak ,Kudus,JATENG ,59332


HP/WA : 085640972390
BB : 759CAE65

litaalifah@yahoo.com

Facebook




Tentang Saya


Saya adalah Book Advisor Mizan Dian Semesta


Tugas saya adalah menyebarkan info buku-buku untuk anak-anak. di samping anaknya gemar membaca, tapi juga belajar tentang agama sejak dini.


Produk yang saya infokan seperti buku Halo Balita, Nabiku Idolaku, Ensiklopedi Bocah Muslim, I Love My Alquran dan Buku Busa, semua produk bernuansa islami.


Selain menjual buku, saya juga mengajak ibu/bapak yang ingin bergabung menjadi Book Advisor Mizan Dian Semesta seperti saya. Bisa menjadi peluang usaha keluarga