Budayakan Membaca Sejak Dini

7 Hal yang Bisa Membuat Anak Ceria






Anak yang tumbuh di lingkungan yang penuh cinta dari orang terdekat akan membuat anak ceria. Berikut 7 hal simpel yang bisa dilakukan untuk membuat anak ceria!

Berhenti Berteriak

Anda suka berteriak saat memanggil anak? Kalau iya, sebaiknya mulai sekarang, Anda mengurangi kebiasaan berteriak saat memanggil anak, Bu! Karena tenyata anak tidak suka dipanggil dengan suara keras. Memang sering kali anak acuh saat ibu panggil. Bahkan tidak jarang anak tidak mau mendengar ketika Anda melarang anak untuk nggak bermain memberantaki rumah hingga kotor. Namun, bagi anak teriakan itu tidak ada manfaatnya. Lebih baik Anda memanggil dengan suara tegas daripada berteriak. Anda juga bisa menghampiri anak kalau masih acuh saat Anda panggil. Ini lebih efektif dibandingkan dengan Anda harus menghabiskan energi untuk meneriaki anak.

Biarkan Anak Menjadi Diri Sendiri

Anak yang mandiri dan percaya diri terbentuk karena pola asuh orangtua yang memberikan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Termasuk memberikan anak kesempatan untuk menjadi dirinya sendiri. Hindari untuk menuntut anak menjadi seperi dirimu atau membanding-bandingkan dengan temannya. Jangan berusaha membuat kloning pada anak karena hanya akan membuat Anda frustasi, Bu, dan membuat anak stres. Anda bisa melatih anak untuk mampu mengungkapkan pendapat dan memberikan motivasi bahwa setiap anak istimewa dengan talentanya.

Bebaskan Anak Beraktivitas Di Luar Rumah

Dunia anak adalah dunia bermain karena itu berikan waktu dan kesempatan bagi anak untuk bermain dan bersosialisasi. Ajaklah anak untuk lebih banyak beraktivitas di luar rumah karena menurut penelitian anak yang banyak bermain dan bergerak di luar rumah lebih pintar. Karena anak dilatih untuk bisa memecahkan masalah dan mengasah kreativitasnya saat berada di luar rumah. Selain itu anak lebih ceria bila bermain di luar rumah, banyak hal yang bisa merangsang rasa ingin tahunya dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Mengucapkan Terimakasih

Saat Anda meminta bantuan pada anak jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih, Bu! Dan tentunya jangan lupa berikan senyuman. Karena dengan kata terimakasih, anak merasa dibutuhkan dan dihargai. Ini akan membentuk karakter anak yang ceria dan memiliki rasa percaya diri yang kuat saat berinteraksi dengan orang lain.

Memberikan Pelukan

Anak senang dipeluk, karena dengan pelukan anak merasa dilindungi. Karena itu biasakan untuk memeluk anak sebelum beraktivitas atau sebelum tidur malam. Pelukan ternyata bisa mengurangi perilaku negatif anak dan meredam emosi anak. Jadi, sering-seringlah memeluk anak agar dia merasa nyaman karena ada orangtua yang selalu melindungi.

Hapuskan kata "Jangan"

Kebanyakan orangtua sering mengatakan kata "jangan" atau "tidak" kepada anak. Padahal kata-kata tersebut hanya akan membatasi diri anak untuk mengembangkan rasa ingin tahunya. Anak yang terlalu sering mendengar kata yang bermakna larangan akan membentuk anak dengan sifat pemalu, minder dan takut. Karena ternyata ketika anak diberi kesempatan untuk mencoba hal baru maka anak lebih bersemangat dan gembira lho. Jadi selama tidak membahayakan anak, ibu tidak perlu berteriak dengan kata ‘jangan’ ya.

Menjadi Teman Bermain

Tahukah ibu, ternyata ketika ibu menyempatkan waktu untuk menjadi teman bermain anak, maka pada saat itu juga perasaan anak sangat gembira. Bermain bersama anak bisa memperkuat bonding ibu dan anak. Jadi ingin membuat hari anak lebih ceria? Bermainlah bersama buah hatimu ya, Bu!

Sumber: http://family.fimela.com/anak/cerdas-aktif/7-hal-yang-bisa-membuat-anak-ceria#.UV4HTTfvYqx

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamat

Alamat kantor:
PT.MDS Jl.Hos Cokroaminoto Tegalrejo TR III No. 435 A YOGYAKARTA

Alamat Rumah:
Grogol RT.02/RW.04 no. 482, Bakalan Krapyak ,Kudus,JATENG ,59332


HP/WA : 085640972390
BB : 759CAE65

litaalifah@yahoo.com

Facebook




Tentang Saya


Saya adalah Book Advisor Mizan Dian Semesta


Tugas saya adalah menyebarkan info buku-buku untuk anak-anak. di samping anaknya gemar membaca, tapi juga belajar tentang agama sejak dini.


Produk yang saya infokan seperti buku Halo Balita, Nabiku Idolaku, Ensiklopedi Bocah Muslim, I Love My Alquran dan Buku Busa, semua produk bernuansa islami.


Selain menjual buku, saya juga mengajak ibu/bapak yang ingin bergabung menjadi Book Advisor Mizan Dian Semesta seperti saya. Bisa menjadi peluang usaha keluarga